Selasa, 20 Januari 2015

MotoGP Jadul : Suzuki RK67 50cc rasa 250cc

Hai Riders, kembali posting buat nambah ilmu pengetahuan. Kali ini saya akan membahas tentang MotoGP jaman mbah saya di tahun 1960 atau pas itu nama kerennya WorldGP.

WorldGP di bagi beberapa kelas 50cc, 125cc, 250cc, 350cc & 500 cc tentunya pada saat itu jenis motornya 2 tak dan body motornya masih kaya ikan paus.

Motor yang akan kita bedah pada kesempatan kali ini adalah Suzuki RK67. Sebuah mahakarya dari Pabrikan Jepang yakni Suzuki.
Suzuki RK67 adalah jagoan Suzuki di kancah WorldGP kelas 50 cc pada tahun 1967. Jangan samain 50cc jaman dulu sama sekarang, apa lagi spek balap hahaha. Motor ini diciptakan saat Suzuki kala itu terdesak oleh super powernya Motor 4-Tak Pabrikan Honda di ajang WordGP kelas 50 cc, yakni Honda RC116. Suzuki pun pun dituntut untuk menciptakan sesuatu yang Mutakhir dan Benar-benar “Gila“.

Nah akhirnya pada akhir tahun 1965, Tepatnya pada ajang GP Amerika di sirkuit Daytona Beach, Suzuki memperkenalkan jagoannya yang kini memiliki spek 11-12 dengan jagoan Honda kala itu… yakni Suzuki RK66/67. Suzuki RK67 ini dibekali Mesin 2-Tak 50 cc dengan konfigurasi Inline 2 Silinder !! Itu berarti tiap silindernya hanya punya kubikasi (baca : cc) cuma 25cc aja
Hebatnya lagi, Motor ini juga dibekali part yang kecilnya imut-imut plus transmisi 14-Percepatan. Yang bikin lebih gila lagi, Motor 50 cc yang pistonnya aja segede pisang ini mampu memuntahkan power sebesar 17,5 HP dengan Redline hingga 17.500 RPM !!! Wih udah kaya jeritan cewe pas ngeliat hantu ya hahaha

Tak hanya di sektor mesin saja, Kegilaan Inovasi Suzuki berlanjut hingga ke bagian lain termasuk rangkanya. Sekilas bila kita amati, Memang terlihat hanya seperti seonggok rangka milik motor Jadul. Tapi jangan salah Brosist, Rangka tersebut berbahan baku alumunium loh. Hebatnya lagi, Berkat pengaplikasian rangka ringan tersebut Berat Kosong dari Suzuki RK67 hanya 58 kg saja.

Perpaduan dari mesin yang gila dan rangka yang ringan ini menghasilkan top speed 176km/h, sebanding ya sama motor 4 tak 250cc jaman sekarang.
Sayangnya, Peraturan yang ditetapkan FIM untuk ajang GP 50cc ditahun 1968 sangat memberatkan Suzuki. yakni pembatasan jumlah silinder menjadi hanya 1 silinder dan jumlah transmisi maksimal 6-Speed. Otomatis, Pengembangan versi Terbaru dari RK67 yakni Suzuki RP68 yang memiliki spek mesin 2-Tak 50cc, Inline-3 silinder plus Redline 20.000 RPM ini pun terhenti, dan akhirnya Suzuki Resmi mengundurkan diri dari ajang GP 50cc pada tahun 1968.


Berikut spek Suzuki RK67

Manufaktur : Suzuki Motor Co.Ltd
Model : RK67
Class : WorldGP
Engine : 2-Tak, Parallel-Inline 2 Sinder, Liquid Cooled, Rotating-Disk
Bore x Stroke :  32,5 x 30 mm
Kapasitas Silinder : 49,7 cc
Rasio Kompresi :   8,3  :  1
Transmisi : 14 Percepatan
Max Power : 17,5 HP @ 17.500 RPM
Top Speed : 176 Km/h
Frame : Alumunium Double Craddle
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Double-Shock, Alumunium Swingarm
Rem Depan : Drum Brake (Tromol)
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)
Berat Kosong : 58 Kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar